header-int

Camat Silo Terima 75 Mahasiswa KKN IAIN Jember

Rabu, 29 Jan 2020, 15:24:48 WIB - 351 View
Share
Camat Silo Terima 75 Mahasiswa KKN IAIN Jember

LP2M - Mulai tahun ini, IAIN Jember akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dua kali dalam setahun. Untuk pelaksanaan KKN gelombang I tahun ini ditempatkan di Kecamatan Silo dan Jelbuk, Kabupaten Jember dan Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang. Hari ini (29/01/2020), secara serentak seluruh peserta KKN di terjunkan di 3 kecamatan sekaligus.

Ada 75 mahasiswa yang diterjunkan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo. Mereka ditempatkan di 5 dusun, yaitu Baban Tengah, Baban Timur, Baban Barat, Silosanen dan Batu Ampar. Acara penyerahan bertempat di Balai Desa Mulyorejo. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M, Dr. H. Ubaidillah, M.Ag, Kasubag TU LP2M, Abdul Hafit, S.Sos, Tim LP2M, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Camat Silo, Muspika Silo dan perangkat Desa Mulyorejo.

Dalam sambutannya, Ubaidillah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Camat, Kepala Desa dan Muspika Silo yang sudah berkenan menerima mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Desa Mulyorejo, Silo selama satu bulan. “KKN adalah menifestasi dan implementasi ilmu selama di bangku Kuliah. Pelaksanaan KKN di desa seperti ini adalah KKN yang sesungguhnya, kalau KKN di kota itu bukan KKN namanya, tapi pindah kost saja”, jelasnya.

Ubaidillah menjelaskan bahwa salah satu tugas mahasiswa adalah agent of social changes, mahasiswa harus membuktikan diri dalam wujud pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana amal shaleh dan ibadah. Mahasiswa juga harus menjadi fasilitator, motivator, inspirator dan problem solver bagi masyarakat untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik.

Secara simbolis 75 mahasiswa diterima langsung oleh Camat Silo, Nunung Ar. Beliau mengajak mahasiswa untuk membantu membangun masyarakat Silo, khususnya Desa Mulyorejo, tidak hanya secara fisik, tapi membangun jiwa dan kesadaran yang paling utama.* (dardum/anshori/roy).

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTIN) terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan, Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017.
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube